Ads 468x60px

Saturday, May 12, 2012

Enterprise Arsitektur

Arsitektur pada umumnya sering dihubungkan dengan pekerjaan merancang bangunan. Dalam perkembangannnya, pengertian "arsitektur" tidak terbatas akan rancangan bangunan karena pemakaian kata "arsitektur" telah merambah ke berbagai bidang mulai dari disiplin rekayasa perangkat lunak, telekomunikasi bahkan meluas ke dalam konteks bisnis.

Dalam perangkat lunak, arsitektur dapat diartikan sebagai implementasi dari struktur tingkat tinggi, dimana struktur tersebut tersusun atas elemen-elemen, bentuk susunan (form) dan alasan-alasan (rationale). Menurut kamus Merriam-Webster, arsitektur diartikan sebagai cara mengatur dan menyusun elemen-elemen.

Definisi arsitektur seharusnya disesuaikan dengan konteks di mana digunakan, Menurut The Open Group (2007:5), arsitektur memiliki dua arti tergantung pada penggunaan di dalam konteksnya. Yang pertama yaitu deskripsi formal dari sebuah sistem atau perencanaan detail sistem pada level komponen untuk mengarahkan implementasinya. Yang kedua adalah struktur komponen, keterkaitan di antaranya dan prinsip serta bimbingan penentuan perancangan dan evolusi untuk keseluruhan waktu.

Selengkapnya dapat di download disni...

0 komentar:

Post a Comment