Ads 468x60px

Tuesday, April 24, 2012

Sistem Informasi Data Penduduk

Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Teknologi Informasi menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). Namun dalam pembahasan kali ini akan lebih mengarah kepada komputer yang dapat mendukung kinerja manusia dalam mengelola informasi penduduk yang dilakukan di Kantor Kepala Desa Tanjung Alai.
Kantor Kepala Desa merupakan sebuah instansi milik pemerintah yang dibentuk untuk tempat melakukan segala pekerjaan aparatur desa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Dalam hal ini yang akan dibahas adalah Kantor Kepala Desa Tanjung Alai kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar Provinsi Riau.
Dalam aktifitas sehari-hari sebuah instansi seperti Kantor Kepala Desa Tanjung Alai terlibat dengan berbagai transaksi yang melibatkan begitu banyak data penting yang harus disimpan.Kantor Kepala Desa Tanjung Alai mengalami kesulitan pada pengarsipan data. Semua data yang diolah di Kantor Kepala Desa Tanjung Alai sejauh ini masih dilakukan secara manual, mulai dari pencatatan hingga pengelolaan data penduduk. Data – data penduduk masih dicatat dengan cara menulis di sebuah buku arsip data kependudukan. Jika semakin banyak data yang disimpan maka akan diperlukan lebih banyak buku untuk pengarsipan data penduduk tersebut.
Dengan semakin banyaknya data – data penduduk yang tersimpan dalam buku – baku arsip dan kebutuhan terhadap informasi, misalnya kebutuhan informasi tentang Kartu Keluarga (KK), maka hal yang harus dilakukan adalah mencari data tersebut di dalam arsip – arsip yang ada. Proses ini akan memerlukan waktu yang lama karena staf harus mencari dari satu arsip ke arsip yang lain. Hal ini membuat para aparatur desa harus bekerja keras dalam melakukan pekerjaannya agar tidak terjadi kesalahan dalam proses kerja.
Dengan mengacu pada beberapa masalah di atas maka penulis tertarik untuk membuat suatu system aplikasi komputer berbasis dekstop agar dapat membantu mempermudah pekerjaan aparatur desa Tanjung Alai. Sistem yang akan dibuat adalah Sistem Informasi Data Penduduk (SIS_DUK).Sistem ini diharapkan dapat membantu mengatasi masalah aparatur Kantor Kepala Desa Tanjung Alai.
link download nya disini
BAB VI - ILANG

1 komentar:

  1. Laporan diatas masih bisa di download gan? buat referensi laporan PKL.
    tolong dibantu gan.
    :)

    ReplyDelete